Minggu, 06 Mei 2012


Biomekanika dan Kinesiology, serta Hubungan gerakan kinematik, kinetik, linier, dan angular dengan sagittal, frontal dan tranverse plane

250px-human_anatomy_planessvgA. Pengertian Biomekanika dan Kinesiology
1. Biomekanika
adalah bidang ilmu aplikasi mekanika pada sistem biologi. Biomekanika merupakan kombinasi anatara disiplin ilmu mekanika terapan dan ilmu-ilmu biologi dan fisiologi. Dalam biomekanika, prinsip-prinsip mekanika dipakai dalam penyusunan konsep, analisis, desain dan pengembangan peralatan dan sistem dalam biologi dan kedokteran. Ilmu ini adalah sebuah penerapan dari hokum mekanik untuk mendeskripsikan gerakan manusia, juga sebuah ilmu yang mempelajari gaya yang bekerja dan dihasilkan pada tubuh manusia beserta efeknya pada lapisan, cairan ataupun material yang digunakan untuk keperluan diagnosis, perawatan dan penelitian.
Ilmu ini juga merupakan ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip kerja mesin untuk memahami kerja mekanis tubuh dan bahwa eksistensi manusia ditentukan oleh kemampuan mobilitasnya yang diakibatkan oleh pemakaian gaya-gaya otot untuk menghasilkan gerakan.
perbedaan mengenai analisis gerakan pada manusia bisa dilihat pada gambar berikut:
Dari skema di atas bisa dilihat bahwa Bidang ilmu biomekanik terdiri dari dua macam gerakan, yaitu kinematik, dan kinetik.
a. Kinematik
Mempelajari gerakan baik mengenai perpindahannya, kecepatan dan percepatan, tanpa memperhatikan penyebab gerakan.
b. Kinetik
Berhubungan dengan kerja gaya-gaya pada benda dan akibat (hasil) kerja gaya-gaya tersebut.
Baik gerakan kinematik maupun kinetik dibedakan menjadi dua macam gerakan yaitu:
a. Gerakan linear
adalah gerakan lurus ataupun melengkung sepanjang jalur dimana seluruh titik pada tubuh manusia bergerak pada jarak dan waktu yang sama.
b. Gerakan angular
adalah gerakan disekitar titik yang sama sehingga daerah yang berbeda pada segmen tubuh yang sama tidak bergerak pada jarak dan waktu yang sama. Gerakan ini bekerja pada jalur imaginer yang disebut sumbu rotasi.
2. Kinesiologi
adalah ilmu tentang gerakan manusia. Kinesiology merupakan ilmu multi disiplin dalam pemeriksaan kesehatan physical, emosional, mental dan spiritual. Suatu cara diagnosis dengan tes uji tekan otot dan pemanfaatan getaran energi / gelombang electromagnet dalam tubuh.
Penemu kinesiology adalah Dr. George Good Heart D.C. ahli Chiropractor tahun 1964 di Amerika. Dalam kinesiology kemudian berkembang beberapa aliran yakni: Specialized kinesiology, Behavioural kinesiology, Educationak kinesiology, Bio kinesiology, Manual kinesiology, Transformational kinesiology, Clinical kinesiology
Adapun manfaat dari hasil kerja kinesiology yaitu:
a. Mengetahui keseluruhan kondisi kesehatan organ tubuh atau sistem organ dalam metabolisme suatu zat dalam tubuh.
b. Mengetahui kondisi imunitas/ kekebalan tubuh dan seluruh gangguan alergi yang dialami.
c. Mengetahui keseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh.
d.Mengetahui keseimbangan hormonal tubuh.
e. Mengetahui respon tubuh terhadap zat, obat bahkan makanan, sehingga diketahui zat/ obat/ makanan apa saja yang cocok untuk tubuh.
f. Dapat mengetahui gangguan mental dan emosional, stress dan depresi yang mengganggu kesehatan tubuh.
g. Mengetahui tingkat kesehatan tubuh, baik yang normal ataupun yang menderita suatu penyakit, akut maupun kronis.
h. Membantu ketepatan suatu diagnosa dan terapi kasus kesakitan serta respon tubuh (alergi/tidak atau cocok/tidak) terhadap suatu bahan/zat/obat.
B. Hubungan gerakan kinematik, kinetik, linier, dan angular dengan sagittal, frontal dan tranverse plane.
Note: Coronal Plane disebut juga Frontal Plane
  • Sagittal plane
Terminologi: Istilah ini berasal dari bahasa Latin Sagitta kata, yang berarti “panah”. Gambar anak panah menembus tubuh dan lewat dari depan (anterior) ke belakang (posterior) pada parabola lintasan akan menjadi salah satu cara untuk menunjukkan penurunan istilah..
Sagittal axis: . Sagital sumbu: sumbu sagital sumbu tegak lurus terhadap bidang sagital, yaitu sagital sumbu koronal terletak pada plane. ]
Coronal (atau frontal) axis: sumbu koronal sumbu tegak lurus terhadap bidang koronal, yaitu sumbu koronal terletak pada bidang sagital. Ekstensi dan fleksiadalah gerakan anggota badan di bidang sagital.
Jadi, Sagital Plane Yaitu bidang yg sejajar dengan bidang median. Bidang ini membelah tubuh menjadi belahan kiri dan kanan.
Contoh gerakan sagittal adalah flexi dan ekstensi, seperti mengangkat lengan tangan di depan, membengkokkan punggung ke depan dan ke belakang, mengangkat dan menurunkan kaki di depan, dan mengangkat jari kaki.
  • Frontal plane
Yaitu bidang yang tegak lurus pada bidang median dan sejajar dg sumbu panjang badan. Bidang ini membelah tubuh menjadi belahan anterior adan posterior atau muka dan belakang. Gerakan frontal plane dapat terjadi sekitar suatu sambungan ( sendi ). Karakteristik gerakan frontal plane di sambungan meliputi gerakan abduksi dan adduksi pada paha, jari dan tangan, gerakan fleksi pada kepala dan punggung, gerakan inverse dan eversi pada ka
  • Transverse plane
Yaitu bidang melintang yang tegak lurus pada sumbu panjang badan. Bidang ini membelah tubuh menjadi belahan atas dan bawah. Contoh gerakan transverse plane adalah pada sambungan ( sendi ) membujur di perputaran uas-ruas tulang belakang, bahu, dan sambungan pinggul serta pronation dan supination lengan bawah.
  • Hubungan gerakan kinematik, kinetik, linier, dan angular dengan sagittal, frontal dan tranverse plane
Biomekanika terdiri dari dua jenis gerakan yaitu, kinematik dan kinetik. Baik kinematik maupun kinetik terdiri dari dua jenis gerakan yaitu gerakan linear, yaitu gerakan lurus ataupun melengkung sepanjang jalur dimana seluruh titik pada tubuh manusia bergerak pada jarak dan waktu yang sama dan gerakan angular yaitu gerakan disekitar titik yang sama sehingga daerah yang berbeda pada segmen tubuh yang sama tidak bergerak pada jarak dan waktu yang sama.Gerakan ini bekerja pada jalur imaginer yang disebut sumbu rotasi. Sedangkan bidang yang membagi katerogi gerakan tubuh terdiri dari tiga bidang yaitu sagittal plane yang membelah tubuh menjadi bagian kanan dan kiri, frontal plane yang membelah tubuh menjadi bagian depan dan belakang serta transverse plan yang membelah tubuh menjadi bagian atas dan bawah.
Hubungan yang terjadi di sini adalah analisa kinematik maupun kinetik dibedakan berdasarkan alur gerakannya menjadi gerakan linier dan angular dimana wahana gerakan dalam tubuh untuk semua gerakan tersebut dibagi dengan suatu pengelompokan ke dalam sagittal plane, frontal plane dan transverse plane.
Tugas Biomekanik Nurjannah_Octavia_Devisar_I0306073

Sumber:
Copyright © 2008 Tabloid Sehat Developed by : Bali Web Design offers :Bali Tours

Tidak ada komentar:

Posting Komentar